Profil Perusahaan Yang Bergerak di Bidang IT (LG)
Seiring berkembang dengan pesatnya
teknologi zaman sekarang, maka bermunculan juga perusahaan-perusahaan berbasis
elektronik maupun juga bidang IT, salah satunya LG. Sekarang saya akan membahas
profil perusahaan LG Electronic yang
bergerak dibidang elektronik maupun IT.
LG Group merupakan sebuah chaebol
(kolongmerat)besar Korea Selatan, yang memproduksi perangkat elektronik
(termasuk domotik), telepon genggam dan petrokimia. Nama LG berasal dari singkatan
“Lucky – Goldstar”,
nama perusahaan tersebut sampai
tahun 1995.Semangat inovasi dan kepeloporan mengawali langkah LG sejak
merekamemproduksi rangkaian produk kimia dan elektronik di korea. Pendiri
sekaligus pemilik, InHwoi Koo, mendirikan Lucky Chemical Industrial Co
(sekarang bernama LG Chemical) padatahun 1947 sehingga sejarah LG terukir.
Perusahaan yang memulai gerakkannya denganmemproduksi Lucky Cream ini merambah
pula ke industri plastik. Inilah pertama kali ada industri plastik di Korea.
Dengan mendirikan Honam Oil Refining Co (atau LG Caltex Oil)
perusahaanpenyulingan minyak pertama di Korea pada tahun 1967 LG melibatkan
diri ke sektor bahandasar. Ini membuka jalannya menuju industri kimia dan logam
berat. Kemudia LG (LuckyGroup) pun terus mengembangkan jaringannya dalam bidang
elektronik dengan menambahusahanya di penjuru dunia, setelah berhasil LG pun
masuk ke Indonesia dibawah pimpinanPresiden Direktur Young Ha Kim dengan nama
perusahaan PT. LG ELECTRONICSINDONESIA sebagai perusahaan tunggal untuk menjual
produk LG Elektonik di Indonesia.Dengan adanya kebutuhan elektronik di
masyarakat yang terus meningkat, tentunyaLG Electronik Indonesia pun terus
meningkatkan dirinya, terbukti dengan bertambahnyacabang-cabang di seluruh
Indonesia yaitu LG Cabang Bandung, LG cabang Banjarmasin, LGCabang Denpasar, LG
cabang Yogyakarta , LG Cabang Makasar, LG Cabang Medan, LGCabang Manado, LG
Cabang Padang, LG Cabang Surabaya, LG Cabang Pekanbaru, LGCabang Samarinda, LG
Cabang Semarang, dan LG Cabang Palembang,.Dalam rangka meningkatkan
kesejahteraan karyawannya maka perusahaan selainmemberikan gaji juga
mengikutsertakan karyawannya dalam program jamsostek, asuransikecelakaan dan
memberikan bonus per semester.
Visi dan Misi
Perusahaan
Visi
a. Global Top
3 Oleh 2010 (Global Top 3 Pada Perusahaan Elektronika / Telekomunikasi)
b. Strategi
Pertumbuhan ( Inovasi Tercepat / Tingkat Pertumbuhan Tercepat)
c. Inti Kompetensi ( Kepemimpinan Produk, Kepemimpinan Pasar,
Sumber DayaManusia Yang mempunyai kualitas kepemimpinan )
d. Budaya Kerjasama ( Tidak ada alasan, “kami” bukan
“saya”, Tempat Kerja yangmenyenangkan)
LG Electronics sedang mengejar
dengan visi abad 21 menjadi pemimpin
digital globalsejati yang dapat membuat pelanggan senang di seluruh dunia
melalui produk digital yanginovatif dan layanan.
Misi
a.
Pertumbuhan cepat
Pertumbuhan cepat adalah hasil dari
strategi yang dirancang untuk memperluas danpenghasilan dengan cepat, sementara
meningkatkan tingkat pertumbuhan dari seginilai moneter, bukan kuantitas.
b.
b.Inovasi cepat
Kemajuan yang pesat melibatkan
inovasi inovasi sangat tinggi tujuan danmengamankan keunggulan kompetitif,
membidik target 30% lebih dari apa yangdapat dicapai pesaing kita. Fast inovasi
juga berarti 30% lebih banyak penjualan danpeningkatan pangsa pasar kami,
pengembangan produk baru dan pembukaan produk tersebut 30% lebih cepat,
mengembangkan teknologi dan membangun nilaiperusahaan tiga tahun ke depan dari
pesaing kita.
c.
Kemampuan inti
-
Kepemimpinan produk mengacu pada kemampuan untuk
mengembangkan kreatif,atas produk-produk berkualitas, khusus yang menggunakan
teknologi baru.
-
Kepemimpinan pasar mengacu pada kemampuan untuk
mencapai peringkat atas,di seluruh dunia, berkat kehadiran pasar yang tangguh
di negara-negara di seluruhdunia.
-
Orang kepemimpinan mengacu pada dominasi pasar
dicapai dengan memilih danmemelihara pemain tim berbakat mampu
menginternalisasi dan melaksanakaninovasi di seluruh papan.d.
d.
Produk Kepemimpinan
Kepemimpinan produk mengacu pada
kemampuan untuk mengembangkan kreatif,atas produk-produk berkualitas dengan
menggunakan teknologi baru khusus.
e. Pasar
KepemimpinanKepemimpinan pasar mengacu pada kemampuan untuk mencapai “LG merek
No 1″tujuan, berkat untuk-midable kehadiran pasar di seluruh dunia
f. Orang
KepemimpinanOrang kepemimpinan mengacu kepada orang-orang berbakat, yang tampil
sangat baik oleh internalisasi dan melaksanakan inovasi.
g. Budaya
PerusahaanOrang kepemimpinan mengacu kepada orang-orang berbakat, yang tampil
sangat baik oleh internalisasi dan melaksanakan inovasi.
h. No
ExcusesOrang kepemimpinan mengacu kepada orang-orang berbakat, yang tampil
sangat baik oleh internalisasi dan melaksanakan inovasi.
i. ‘Kami’
bukan ‘aku’Kami mengejar budaya perusahaan yang mendorong semua karyawan untuk
bekerjasama dan membentuk tim yang kuat.
j. Fun
KerjaKami menciptakan suatu tempat kerja di mana kreativitas individu dan
kebebasanbekerja dihormati dan dibuat menyenangkan.
Misi ini jelas mendukung
langkah-langkah untuk mewujudkan visi LG denganmengembangkan ide-ide kreatif
SDM yang dimiliki oleh LG sehingga dengan memiliki SDMyang berkualitas dan
kreatif akan membuahkan ide-ide kreatif untuk inovasi produk danmemajukan
perusahaan dengan inovasinya sehingga bisa mewujudkan cita-citanya untuk
menjadi salah satu dari tiga perusahaan terbesar di Indonesia dalam bidang
elektronik dantelekomunikasi.
STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN
Dalam melaksanakan kegiatan
pemasarannya, PT LG Electronics Indonesia menetapkan kebijakan pembauran
pemasaran yang merupakan program dan strategi yang sedang dijalankan yang dapat
dijelaskan sebagai berikut:
1. Kebijakan Produk
PT. LG Electronics Indonesia
memproduksi berbagai produk teknologi. Produk-produk yang diproduksi pada
subdivisi IT Product antara lain :
• Monitor
• OSD (Optical Storage Device)
Untuk produk monitor terdapat
bermacam-macam type yang dipasarkan. Tetapi keseluruhannya dibagi dalam 3
jenis, yaitu conventional, flatron, dan LCD. Untuk produk OSD juga terdapat
bermacam-macam tipe. Diantaranya adalah CD ROM, CD RW, DVD ROM, Combo, DVD RW
Int, DVD RW (SATA), dan DVD RW Eksternal.
2. Kebijakan Harga
Perusahaan harus mempertimbangkan
beberapa faktor dalam menentukan harga karena harga mempunyai hubungan yang
erat dengan pendapatn perusahaan. Adapun beberapa faktor yang menjadi pertimbangan
dalam penentuan harga, antara lain :
1. Biaya (cost)
• Biaya produksi
• Biaya pemasaran
• Pajak yang dikenakan
2. Keuntungan yang diharapkan oleh
perusahaan
3. Harga produk-produk saingan
PT. LG Electronics Indonesia tidak
menentukan harga jual ke konsumen akhir. Perusahaan menentukan harga jual yang
sama pada tiap Master Dealer dan Dealer dimana harga untuk end user ditentukan
sendiri oleh masing-masing Dealer.
3. Kebijakan Distribusi
PT. LG Electronics Indonesia
mempunyai saluran distribusi yang dapat dikelompokkan menjadi Master Dealer,
dan Dealer sehingga dapat digolongkan ke dalam saluran distribusi dua tingkat
(two level channel). Master Dealer PT. LG Electronics Indonesia untuk produk
IT, antara lain :
• Sempurna Computer (Jakarta)
• Aldo Computer (Jakarta)
• Trisentosa (Jakarta)
• PT. Into Sanho Technology (Medan)
Dealer PT. LG Electronics Indonesia
untuk produk IT, antara lain :
• Asiatech
• Expert Computer
• Bintang Raya
• D Com
• HJ
Selain itu PT. LG Electronics
Indonesia memiliki kantor cabang di beberapa daerah di Indonesia, antara lain :
• Bandung
• Semarang
• Surabaya
• Denpasar
• Ujung Pandang
• Manado
• Medan
• Palembang
• Pekanbaru
• Padang
• Banjarmasin
• Samarinda
• Yogyakarta
4. Kebijakan Promosi
Promosi yang dilakukan oleh PT. LG
Electronics Indonesia ditujukan selain pada Master Dealer dan Dealer-nya juga
ditujukan langsung ke end user. Promosi yang ditujukan ke Master Dealer atau
Dealer berupa discount tambahan dan point yang dapat dikumpulkan untuk ditukarkan
dengan berbagai macam barang hadiah seperti sepeda motor, TV, dan sebagainya.
Sedangkan promosi yang ditujukan untuk end user biasanya berupa voucher belanja
Carefour. Promosi yang dilakukan selain berguna untuk memikat ataupun mendorong
Master Dealer maupun Dealer untuk lebih banyak lagi menjual produk-produk
perusahaan hingga sampai end user, juga berguna untuk meningkatkan hubungan
baik dengan para Master Dealer maupun Dealer.
beberapa strategi yang dapat
diterapkan di dalam perusahaan adalah sebagai berikut:
1. Strategi penetrasi pasar
Strategi penetrasi pasar berusaha
meningkatkan pangsa pasar untuk produk saat ini melalui upaya pemasaran yang
lebih besar. Misalnya dengan meningkatkan jumlah tenaga penjual, meningkatkan
promosi penjualan dengan cara memberi potongan yang lebih besar atau memberi
reward yang lebih untuk angka penjualan tertentu, atau meningkatkan usaha
publisitas dengan cara promosi yang lebih luas lagi. Karena dapat dilihat dari
peluang yang ada dimana pasar saat ini tidak jenuh dengan produk yang ada
bahkan pasar mulai membutuhkan produk-produk perusahaan. Selain itu tingkat
penggunaan produk-produk perusahaan saat ini dapat meningkat secara signifikan
yang disebabkan oleh kemajuan teknologi yang ada.
2. Strategi pengembangan produk
Strategi pengembangan produk adalah
strategi yang mencari peningkatan penjualan dengan cara memperbaiki atau
memodifikasi produk saat ini maupun menghasilkan produk baru. Dilihat dari
ancaman perusahaan yaitu banyaknya pendatang baru di bidang yang sama, maka
perusahaan harus mulai mencoba menghasilkan produk baru yang dapat lebih
menarik perhatian konsumen selain memodifikasi produk yang ada sehingga variasi
produk perusahaan menjadi lebih banyak lagi. Misalnya dengan mulai memproduksi
produk-produk IT lainnya seperti USB, Bluetooth, Card Reades, dan sebagainya.
Referensi :
PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
BalasHapusServices Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Keterangan tambahan :
1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
3. SPI-PI Besi Baja,
4. SPI-PI Produk Kehutanan,
5. SPI-PI Barang Bekas,
6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
7. Produk-produk Lartas SNI
8. LS ( Laporan Surveyor )
9. LS Alas kaki
10. LS Garment
11. LS Textile
12. LS Electronik
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id